Membuat Stopwatch Dengan Mudah Menggunakan Arduino Uno

ROBOTIC-ID.ORG - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara Membuat Stopwatch Dengan Mudah Menggunakan Arduino Uno. Stelah kemarin Membuat Jam Dan Tanggal Digital Menggunakan Arduino Dengan Mudah. Pada projek ini saya cuman iseng-iseng dari pada ngelamun nungguin ujan reda sama teman yang sedang fokus mengerjakan tugas akhirnya. Ada baiknya saya berbagi sedikit ilmu yang saya punya. Sayang juga rasanya kalau tidak berbagi. Lagian berbagi ilmu itu selain menyenangkan yang pasti saya bisa sekaligus membuat catatan yang mungkin bisa bermanfaat bagi semua orang yang baru mau belajar mikrokontroler menggunakan Arduino.

Baiklah sudah cukup basa basinya, saya lanjut ke topik yang akan kita bahas pada malam ini. Sebelumnya siapkan terlenih dahulu peralatan yang dibutuhkan dalam membuat projek ini. Untuk komponennya lihat dibawah sini:
  1. Arduino
  2. LCD 1602
  3. Kabel Jumper
  4. Push Button 2 Biji
  5. Breadboard
  6. Kabel USB A-B Konektor
  7. Komputer Atau Laptop
Setelah komponen-komponen yang diperlukan sudah terpenuhi, selanjutnya ke tahap pembuatan. Hubungkan arduino dengan LCD menggunakan kabel jumper seperti biasanya kalian lakukan. Untuk inisialisasi pin nya kalian lihat pada kodingnya. Jika kalian menggunakan LCD Keypad Shield, tinggal di tancapkan saja. Selanjutnya memasang dua buah Push Button pada Breadboard. Kemudaian hubungkan Arduino kamu ke komputer atau laptopmu menggunakan kabel USB konektor A-B.

Silahkan masukan koding dibawah ini yang telah saya siapkan. Sebelumnya download dulu IDE Arduino-nya jika belum punya disini. Jika sudah terinstal pada komputer atau lapto nya. Kamu buka file yang telah kalian download terlebih dahulu. Kemudian upload-lah koding tersebut ke arduino. Jika berhasil kamu akan melihat hasilnya pada LCD. Jika tidak tampil mungkin ada yang tertinggal atau salah pasang kabel. Cobalah pasang dengan teliti. Koding programnya bisa di comot disini

Jika ada pertanyaan silahkan tinggal kan pesan di kolom komentar postingan ini. 

Membuat Stopwatch Dengan Mudah Menggunakan Arduino Uno
Membuat Stopwatch Dengan Mudah Menggunakan Arduino Uno
Selamat mencoba


Previous Post
Next Post
Related Posts