Praktik Proyek Membuat Blink Tiga LED Dengan Arduino

Robot Antik - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya dapat kepada teman teman Roboter semua untuk belajar tekhnik sederhana. Maka dari itu saya akan membeberkan bagaimana cara membuat Proyek Blink Tiga LED dengan Arduino. Tidak lama lama berbasa basi yah, lansung aja kita ke pada intinya kalau kata bahasa gaulnya itu "To The Point". 

Sebelumnya anda perlu menyediakan perlengkapan atau komponen komponen yang di butuh kan untuk membuat proyek sederhana ini. Tapi anda sebelumnya harus sudah menginstall Software dari arduino-nya pada Komputer/ Laptop anda. Baiklah inilah komponen yang anda perlukan untuk membuat Proyek Blink LED :


Langkah-Langkah Membuat Rangkaian:

Penampakan 1
(klik untuk memperbesar)
Penampakan 2
(klik untuk memperbesar)
  • Susunlah resistor 220 ohm terlebih dahulu pada breadboard seperti gambar rangkaian.
  • Pasang juga 3 Led yang sudah di persiapkan sebelumnya pada breadboard. Perhatikan juga loh ploritas kaki LED. Kaki positif masing - masing LED dihubungkan  dengan Pin 4,6 dan 8, sementara kaki negatif dihubungkan ke Ground melalui resistor.
  • Gunakan kabel jumper untuk menghubungkan papan Arduino dengan breadboard.
  • Setelah semua terpasang dengan benar,hubungkan kabel USB yang terhubung pada papan arduino ke Komputer.
Program Yang Diketikan
(klik untuk melihat programnya)
  • Selanjutnya jalankan software IDE Arduino dan ketikan kode program Proyek Blink Tiga LED pada Sketch. Kemudian lalukan verifikasi program untuk  mengecek error.
  • Klink ikon Upload pada toolbar, untuk mengupload sketch ke papan Arduino. Lihat hasilnya dan perhatikan lampu lampu LED tersebut berkedip bergantian.
Selamat Proyek anda sudah berjalan dengan sukses..!!

Previous Post
Next Post
Related Posts