Membuat Alat Monitoring Suhu Dengan Arduino Uno,Sensor LM35 Dan LCD Keypad Shield

Sudah lama rasanya gak bagi ilmu bagi para pembaca blog robot-antik.blogspot.com ini. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial Membuat Alat Monitoring Suhu Dengan Arduino Uno,Sensor LM35 dan LCD Shild.

Sebelumnya kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya baik berupa software ataupun hardwarenya.

Untuk hardware diantaranya adalah :
  1. Arduino Uno
  2. Sensor LM35 
  3. LCD Keypad Shield 1602 – Biar kalian gak susah-susah menyolder apalagi kalau gak bisa nyolde.hehe
  4. Buzzer atau Speaker
  5. Kabel jumper 
  6. UBS Serial AB 
  7. Komputer atau Laptop

Untuk softwarenya diantaranya adalah:
  1. IDE Arduino nya. Jika belum punya kalian bisa comot dari website resminya disini.
  2. Jika mau mencoba software Arduino Studio bisa di coba disini.

Jika bahan itu sudah terpenuhi, ada baiknya kamu siapkan senjata mu juga seperti Susu hangat atau kopi dan cemilan lainnya biar gak celenok (sunda).

Tahapannya sebagai berikut

Arduino dan 1602 LCD Keypad Shield

Hubungkan Arduino dan 1602 LCD Keypad Shield menjadi satu kesatuan seperti gambar dibawa ini. Kenapa saya menggunakan 1602 LCD Keypad Shield? Alasannya karen memudahkan teman-teman saya yang mau belajar membuat termometer digital menggunakan Arduino agar kamu tidak perlu repot harus menyolder setiap pinya. Tapi bagi yang sudah mahir bisa menggunakan LCD 16x2 biasa.


Sensor Suhu LM35 dan Kabel Jumper

Pada simulasi ini saya tidak menggunakan solder untuk menghubungkan sensor suhu LM35 dengan kabel jumper. Cukup menggunakan kabel jumper male-male,karena pada ujung kabel jumper terdapat lobang yang bisa kita gunakan untuk menyelipkan kaki kaki sensor suhu tersebut. Disini saya menggunakan kabel jumper 3 helai. Ketiga helai kabel jumper tersebut akan berfungsi sebagai Grounding (GND), Daya (5V) dan PIN Analog (A0-A5).



Buzzer dan Kabel Jumper

Buzzer ini di hubungkan dengan dua buah kabel jumper yang berbeda. Pada salah satu kaki Buzzer terdapat tanda positif dan grounding.


Hubungkan Keseluruhan Komponen

Jika LCD Keypad Shield sudah terpasang dengan benar, selanjurnya adalah menghubungkan sensor LM35 yang sudah di beri kabel jumper tadi ke pin yang terdapat pada LCD Keypad Shield. Lihat diatas, saya menggunakan 3 buah warna yaitu Abu-Abu, Oren dan Kuning. Hubungkan jumper warna Abu-Abu ke pin 5V, jumper warna oren ke pin Analog A1 dan Jumper warna Kuning ke pin GND (Grounding). Selanjutnya hubungkan buzzer yang sudah di beri kabel jumper tadi.



Berdasarkan gambar diatas saya menggunakan 2 buah jumber bewarna hijau dan putih. Nah jumper yang berwarna putih ini positif dan yang warna hijau GND. Jumper warna hijau hubungkan pada pin GND yang terdapat pada LCD Keyboard Shield dan yang kabel hijau hubungkan pada pin 13 pada digital pin. 
Pada bagian terakhir yaitu memasukan coding dari program monitoring suhunya. Hubungkan kabel USB bawaan Arduinonya ke komputer. Disini saya sudah menyiapkannya untuk kamu yang mau mencobanya. Jika kalian ingin mengembangkan atau memodifikasi logika dari program ini silahkan dan kalian bisa share juga dibawa ini program hasil modifikasi kamu.

Kamu bisa download kodingnya disini
Jika mau download halaman ini dalam bentuk dokumen silahkan masuk kesini
Previous Post
Next Post
Related Posts