Membuat Alat Pengukur Jarak Dengan HC-SR04 Dengan Mudah dan Codingnya

ROBOTIC-ID.ORG - Selamat malam semua, kali ini masih mau posting masalah sensor jarak menggunakan HC-SR04. Kenapa saya bikin projek yang pernah dibikin di posting ulang? karena saya penasaran dengan sensor ini dan baru juga menggunakannya. Maklum saya masih amatiran banget. Selain itu saya mau berbagi tutorialnya juga secara cuma-cuma. Jadi kalian bisa pilih mau pake tutorial yang kalian suka yang ada pada blog robotic-id.org

Alat Pengukur Jarak Dengan HC-SR04
Alat Pengukur Jarak Dengan HC-SR04

Beberapa hari yang lalu saya baru membeli sensor HC-SR04 ini secara online, karena kalau beli di tempat saya harganya mahal jika di bandingkan dengan beli online di Bukalapak harganya lebih murah. Jadi kalau saya beli di tempat saya sekarang harganya 55.000 per unitnya sedangkan kalau beli online dengan uang 55.000 dapat 2 unit dan itu sudah termasuk biaya kirim lho. Sebagian besar komponen yang saya punya rata-rata saya beli online.

Jujur saya sebenarnya tidak komunikatif dalam memberikan atau menyampaikan ide yang saya punya kepada orang. Jadi mohon dimaklum ya. :D

Baiklah kita lansung ke topik pembahasan saya yang akan saya utarakan di blog ini. Apa saja yang di butuh kan untuk Membuat Alat Pengukur Jarak Dengan HC-SR04 Dengan Mudah ini?

Komponen yang digunakan adalah:
  1. Arduino Uno R3
  2. Sensor Ultrasonik HC-SR04
  3. LCD 1602 keypad shield
  4. Kabel Jumper
  5. USB untuk arduinonya
Lihat Tabel di bawah ini untuk menghubungkan Sensor HC-SR04 dengan Arduino :


HC-SR04
Arduino
VCC
5v
ECHO
3
TRIG
2
GND
GND

Jika sudah terhubung dengan baik mari kita upload koding dibawah ini atau kalian bisa mencomotnya disini.

#include <LiquidCrystal.h>

const int pingPin = 3;
LiquidCrystal lcd(8, 13, 9, 4, 5, 6, 7 );

void setup() {
  
  lcd.begin(16,2);
  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("robotic-id.org");
  lcd.setCursor(0,1);
  lcd.print("Pengukur Jarak");
  delay(4000);
}

void loop()
{

  long duration, inches, cm;

  pinMode(pingPin, OUTPUT);
  digitalWrite(pingPin, LOW);
  delayMicroseconds(2);
  digitalWrite(pingPin, HIGH);
  delayMicroseconds(5);
  digitalWrite(pingPin, LOW);

  // The same pin is used to read the signal from the PING))): a HIGH
  // pulse whose duration is the time (in microseconds) from the sending
  // of the ping to the reception of its echo off of an object.
  pinMode(pingPin, INPUT);
  duration = pulseIn(pingPin, HIGH);

  // convert the time into a distance
  inches = microsecondsToInches(duration);
  cm = microsecondsToCentimeters(duration);
  
  lcd.clear();
  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("= Jarak: ");
  lcd.print(cm);
  lcd.print("CM =");
  lcd.setCursor(0,1);
  lcd.print("ROBOTIC-ID.ORG");

  delay(200);
  
 }

long microsecondsToInches(long microseconds)
{
  
  return microseconds / 74 / 2;
}

long microsecondsToCentimeters(long microseconds)
{
  
  return microseconds / 29 / 2;
}



Ada baiknya kamu mengentik ulang kodingya, karena kalau kalian copas biasanya ada karakter-karakter tambahan dari blog yang ikut terbawa yang membuat codingnya tidak bekerja dengan baik. Jika ada link download yang mati atau broken link harap beri tahu saya dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Agar saya dapat melakukan perbaikan link download tersebut. Untuk video tutorialnya ditunggu saja ya.

Terimakasih,

Previous Post
Next Post
Related Posts