Referensi Sensor Suhu Atau Temperatur Pada Umumnya

ROBOTIC-ID.ORG - Sensor Suhu merupakan alat atau komponen yang berguna untuk mengubah energi panas menjadi energi listrik sehingga dengan mudah dapat di analisis besarannya. Ada 2 jenis material yang digunakan dalam sensor suhu ini. Diantaranya menggunakan bahan logam dan menggunakan bahan Semikonduktor. Dalam membuat sensor ini ada beberapa metode yang digunakan diantaranya menggunakan material yang berubah hambatannya terhadap arus listrik sesuai dengan suhu.

Sensor suhu yang menggunakan bahan dasar logam,semakin tinggi suhu maka nilai resistansinya akan semakin besar pula. Hal ini karena bahan logam dapat dikatakan sebagai muatan positif yang berada dalam elektron yang bergerak bebas. Jika suhu semakin tinggi,maka elektron-elektron akan bergerak semakin besar beriringan dengan naiknya suhu. Sehingga gerakan elektron akan terhambat yang menyebabkan nilai hambatan dari logam tersebut bertambah.

Sedangkan sensor suhu yang berbahan semikonduktor merupakan kebalikan dari yang berbahan logam dimana semakin besar suhu maka nilai hambatan akan menurun. Ini dikarenakan pada suhu yang semakin tinggi elektron-elektron bergerak bebas yang menyebabkan nilai hambatan tersebut berkurang.

Ada 4 macam sensor suhu yang umum digunakan diantaranya, yaitu Thermocouple, RTD (Resistance Temperatur Detectors), Thermistor dan LM35.

  • Thermocouple

Thermocouple adalah sensor suhu yang banyak digunakan untuk mengubah perbedaan suhu dalam benda menjadi perubahan tegangan listrik (voltase). Thermocouple yang sederhana dapat dipasang, dan memiliki jenis konektor standar yang sama, serta dapat mengukur temperatur dalam jangkauan suhu yang cukup besar dengan batas kesalahan pengukuran kurang dari 1 °C.

Thermocouple
Thermocouple 
Termokopel dibangun berdasarkan Asas Seeback dimana bila dua jenis logam yang berlainan disambungkan ini akan menjadi rangkaian tertutup sehingga perbedaan temperature pada sambungan akan menimbulkan beda potensial listrik pada kedua logam tersebut, selanjutnya akan dibaca oleh alat ukur temperatur (Fraden, 2003).

  • RTD (Resistance Temperatur Detectors)
Sensor ini mempunyai hambatan listrik yang sebanding sengan perubahan suhu. Semakin tinggi suhu, semakin besar pula hambatan listriknya. Resistance Temperatur Detectors adalah sensor suhu yang terbuat dari kumparan kawat platinum pada papan pembentuk isolator.

RTD (Resistance Temperatur Detectors)



Detektor Temperatur Tahanan adalah sebuah alat yang digunakan untuk menentukan nilai atau besaran suatu temperatur/suhu dengan menggunakan elemen sensitif dari kawat platina, tembaga, atau nikel murni, yang memberikan nilai tahanan yang terbatas untuk masing-masing temperatur di dalam kisaran suhunya. Semakin panas benda tersebut, semakin besar atau semakin tinggi nilai tahanan listriknya, begitu juga sebaliknya. PT100 merupakan tipe RTD yang paling populer yang digunakan di industri.
  • Thermistor 
Thermistor adalah alat atau komponen atau sensor elektronika yang dipakai untuk mengukur suhu. Prinsip dasar dari termistor adalah perubahan nilai tahanan (atau hambatan atau werstan atau resistance) jika suhu atau temperatur yang mengenai termistor ini berubah. Termistor ini merupakan gabungan antara kata termo (suhu) dan resistor (alat pengukur tahanan).

Thermistor
Thermistor 
Termistor ditemukan oleh Samuel Ruben pada tahun 1930, dan mendapat hak paten di Amerika Serikat dengan nomor #2.021.491. Ada dua macam termistor secara umum: Posistor atau PTC (Positive Temperature Coefficient), dan NTC (Negative Temperature Coefficient). Nilai tahanan pada PTC akan naik jika perubahan suhunya naik, sementara sifat NTC justru kebalikannya.
  • LM35
LM35 berfungsi mengubah suhu menjadi tegangan terntentu yang sesuai dengan perubahan suhu. Alat ini paling dikenal karen mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, selain itu harganya pun cukup terjangkau. Alat ini sering di gunakan sebagai monitoring ruang laboratorium.

LM35

Sensor suhu LM35 adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik dalam bentuk tegangan. Sensor Suhu LM35 yang dipakai dalam penelitian ini berupa komponen elektronika elektronika yang diproduksi oleh National Semiconductor. LM35 memiliki keakuratan tinggi dan kemudahan perancangan jika dibandingkan dengan sensor suhu yang lain, LM35 juga mempunyai keluaran impedansi yang rendah dan linieritas yang tinggi sehingga dapat dengan mudah dihubungkan dengan rangkaian kendali khusus serta tidak memerlukan penyetelan lanjutan.

Semoga Bermanfaat..

Previous Post
Next Post
Related Posts