Membuat Jam Dan Tanggal Digital Menggunakan Arduino Dengan Mudah

ROBOTIC-ID.ORG - Postingan kali ini Robotic-id akan membuat projek sederhana, yaitu Membuat Jam Dan Tanggal Digital Menggunakan Arduino Dengan Mudah. Projek ini dibikin untuk memenuhi tantangan dari tetangga kamar sebelah. Karena dia penasara apa yang saya kerjakan setiap malam. Bergelut dengan mikrokontroler, kabel, sensor, solder dan lain-lain. Setiap hari ada saja projek yang saya coba kerjakan mulai dari yang sederhana hingga yang tingkat kesulitan menengah. Tidak semua projek itu saya posting karena ada beberapa alasan. Diantaranya, saya membantu membuatkan projek untuk teman saya demi kebutuhan tugas akhir. Kedua, waktu yang kurang memadai, soalnya dari pagi hingga sore saya kerja di salah satu kantor pemerintahan yang ada di Bandung.

Membuat Jam Dan Tanggal Digital Menggunakan Arduino Dengan Mudah
Hasil Jadinya

Jujur saja di dunia mikrokontroler ini. Saya tertarik untuk mempelajari ini karena ilmu ini mudah didapat dan mudah dipelajari. Cukup modal niat mau belajar dan punya komputer dan koneksi, saya bisa mempelajari sedikit demi sedikit. Baiklah tidak usah curhat panjang lebar lagi, saoalnya saya sudah ngantuk dan besok harus bangun pagi-pagi untuk pergi bekerja.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan jam dan tanggal digital menggunakan arduino ini adalah sebagai berikut :
  1. Arduino
  2. LCD 1602
  3. USB untuk arduino
  4. Kabel jumper
  5. Potensio
  6. Breadboard / ProjekBoard
  7. Ide Arduino, Jika belum punya bsa download di website resminya Arduino
  8. Komputer atau Laptop
Sebelumnya saya pengen ngasih tau kalau jam dan tangga yang di buat ini tidak permanen, jadi jika batrai atau daya di cabut maka jam dan tanggal kembali kesemula. Beda halnya menggunakan hardware tambahan RTC (Real Time Clock).

LCD Arduino
LCD Arduino

Untuk Kodingnya kamu bisa download disini.

Selamat mencoba, Jika ada link yang rusak bisa tinggal kasih tau saya dengan meninggalkan komentar di bawah sini. Bila ada pertanyaan boleh juga meninggalkan komentar di bawah ini asala sesuai topik ya :D

Previous Post
Next Post
Related Posts